Desain Asrama (Rumah Indekost) Tiga Lantai




Jangan takut berkreasi. Kita bangsa mandiri dengan kreasi positif.

Salam jumpa, Saudara! Selamat datang di blog Mannusantara!

Di saat yang baik ini kami menyajikan rancangan Asrama atau Rumah Kost 3 Lantai di atas lahan berukuran 6 x 15 meter persegi, dengan luas lahan terbangun berukuran 6 x 10 meter persegi.



 Tampak depan 
klik gambar untuk memperbesar

Lokasi lahan klien : Jakarta Pusat.

Klien kami merencanakan untuk memanfaatkan lahan bekas bangunan lama, menjadi asrama atau rumah kost. Hal ini mempertimbangkan potensi lahan itu yang berada di kawasan perkotaan yang padat penduduk dan padat aktivitas bisnis dan perdagangan. Asrama ini menyasar para karyawan yang bekerja di kawasan tersebut.

Pertimbangan lain adalah supaya ruang-ruang di dalam bangunan tidak terlalu sumpek, maka setiap lantai hanya dibatasi 4 (empat) ruang tidur. Jadi total keseluruhan 12 kamar. Dengan jumlah kamar yang tak terlalu banyak, masih ada ruang yang memadai untuk sosialisasi dan sirkulasi. Masing-masing kamar dapat dihuni bersama maksimal oleh 2 orang, disesuaikan dengan syarat dan aturan sosial yang berlaku.


 Denah utama 
klik gambar untuk memperbesar


Mari kita masuk ke dalam tata ruangnya.

Pada lahan yang ada seluas 6 x 15 meter persegi, dinding bangunan paling depan dimundurkan 5 meter dari pagar depan. Sehingga luas lahan untuk bangunan menjadi berukuran 6 x 10 meter persegi. Dengan demikian terdapat lahan di bagian depan bangunan berukuran 6 x 5 meter persegi yang dimanfaatkan sebagai jalan masuk, taman dan teras depan. Lahan ini berada di sudut antara jalan lingkungan di depan, dan gang kecil di samping kanan jika dilihat dari depan. Di tengah kepadatan bangunan di sekitarnya yang nyaris tanpa halaman untuk penghijauan, maka taman di depan asrama ini menjadi seperti oase, di tengah pengap dan panasnya udara.


 Perspektif denah lantai 1,2, & 3 
klik gambar untuk memperbesar




Pada lantai 1 (lantai dasar) terdapat 4 kamar tidur, ruang tamu di depan, tangga yang menanjak lurus menuju lantai 2, pantry dan kamar mandi di belakangnya. Di sudut belakang terdapat void untuk jalur pipa utilitas, dan sebagai jalur maintenance bangunan.

Pada lantai 2 dan 3 sama seperti tata ruang lantai 1. Masing-masing lantai ditambahkan balkon di depan. Selain sebagai tempat bersosialisasi dan taman gantung, juga sebagai jalur evakuasi (penyelamatan) jika terjadi bencana gempa bumi atau pun kebakaran. Selain itu menambah keindahan bangunan.


 Perspektif bangunan 
klik gambar untuk memperbesar



Tampilan bangunan

Tampilan bangunan asrama ini bergaya arsitektur tropis simpel, yang mempunyai banyak bukaan pintu, jendela, lubang cahaya dan lubang ventilasi udara di sekujur badan bangunan. Ini memungkinkan cahaya dan udara alami mengalir bebas ke dalam bangunan terutama pada ruang-ruang bersama dan jalur sirkulasi (tangga), dan ruang servis (kamar mandi dan pantry). Sehingga tidak diperlukan mesin pengatur suhu udara (AC) di ruang-ruang tersebut. AC dapat dipasang di kamar-kamar tidur dengan pemakaian seperlunya yang bisa dihemat. Kemudian lampu-lampu juga dapat dihemat dan dipadamkan pada siang hari pada ruang-ruang yang disebutkan sebelumnya. Lampu-lampu yang dapat dinyalakan pada siang hari hanyalah pada kamar-kamar yang tidak punya akses bukaan langsung ke udara luar. Dengan cara seperti ini, maka konsumsi listrik dapat dihemat, biaya operasional dapat dihemat, dan perawatan (maintenance) bangunan juga tidak merepotkan.



Perspektif mata burung 
klik gambar untuk memperbesar

Atap dapat menggunakan rangka baja ringan dengan penutup atap genteng keramik / tanah liat, spandek, ataupun genteng logam. Dapat dipilih mana yang paling praktis, fungsional dan rendah biaya maintenancenya. Atap dibuat miring mengarah pada sisi panjang dari bangunan yang sejajar dengan gang samping. Kemudian diberi talang beton permanen untuk menampung limpahan air hujan, dan diarahkan langsung menuju ke bawah melalui pipa dan akhirnya ke jalur selokan kota. Diberi talang beton supaya impahan air hujan tidak jatuh ke gang samping sehingga tidak mengganggu sirkulasi orang lewat di situ.

Tampilan (fasad) bangunan didominasi oleh dinding / tembok. Maka pilihan material finishing tembok dan penempatan serta kerapian pengerjaannya sangat menentukan keindahan bangunan ini. Kombinasi dari bukaan pintu, jendela, juga material bata yang diekspos, batu kali yang diekspos, beton, plester pasir semen, serta acian semen pada tembok dibuat sedemikian rupa, sehingga bangunan tampil serasi, hangat dan berkesan terbuka dan ramah di tengah bangunan padat di sekitarnya.


 Tampal depan 
klik gambar untuk memperbesar

Demikian Saudara pembaca yang budiman, sajian sederhana rancangan kami pada kesempatan ini. Bagaimana menurut Anda? Semoga dapat bermanfaat ya. Jika Anda ingin memberi komentar, dapat menulis di bagian bawah artikel ini. 

Kami melayani rancang dan bangun. Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi desain dan pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, kantor, tempat usaha, ruko, gudang, workshop, fasilitas umum dan komersial. Kami akan membantu membuat desain Anda sesuai kebutuhan Anda. Kami bertempat di Jakarta Barat.

Hubungi kami:
Sdr. Basuki ( hp/sms/WA : 082310268089 ), atau email : primawastu.bangunrumah@gmail.com Kunjungi media sosial kami. Facebook: bangun rumah primawastu. Instagram: @primawastu

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi & konsultasi. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan atau pesanan Anda.

Designed by SB Basuki
"Desain untuk kemajuan bangsa."

Perhatian : Gambar-gambar ide desain bangunan yang disajikan ini BUKAN GAMBAR KERJA yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan. Jika anda tertarik atau terinspirasi dengan ide yang disajikan ini, silakan menghubungi kami, untuk mendapatkan gambar kerja, gambar 3 dimensi & perkiraan umum anggaran biaya. Kami membantu untuk dapat mewujudkan bangunan Anda tidak saja bagus/indah, tapi juga berkualitas dalam tata ruang, kekuatan bangunan, keamanan dan kenyamanan saat dihuni, disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

“Kesederhanaan yang jujur itu dapat memikat..”

Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer